Rabu, 19 Oktober 2011

Menelpon Sambil Nyetir


Nyetir sambil telpon ? Berbahayakan ? Sangat mungkin…!

Menerima panggilan telephon, membaca dan mengetik sms pada phonecell sambil menyetir atau naik motor adalah  aktifitas yang membahayakan. Utamanya bagi pengemudi itu sendiri bahkan bisa jadi mengakibatkan celaka buat orang lain. Bahkan sekarang dibeberapa kota sudah ada yang memberlakukan Undang2 mengenai larangan tersebut. Jadi Anda musti hati-hati (maksudnya hati-hati dengan menelpon atau undang-undangnya nih…:))
Meskipun sudah ada larangan dan undang-undang yang nanti bakal menanti Anda namun pada kenyataannya masih banyak orang yang menelpon sambil nyetir tanpa menghiraukan risiko yang diakibatkannya, terutama risiko kantong kosong karena ditilang :).

Namun demikian ada sedikit tips bagi yang terpaksa harus menerima telepon atau sms pada saat Anda sedang on duty dalam/di atas kendaraan Anda.

  1. Kenakanlah selalu headset (biasanya selalu disertakan pada produk pada hp tertentu) pada saat mengemudi. Dengan memakainya gangguan kegiatan aktifitas bertelepon sedikit berkurang tanpa harus kehilangan konsentrasi pada jalan raya yang ramai (dan macet J )
  2. Apabila tidak punya / tidak sedang membawa headset (maka belilah ke toko terdekat)
  3. Taruh ponsel Anda pada jarak yang mudah dijangkau tangan (jika Anda pakai mobil) atau taruh pada saku sebelah kiri Anda (jika Anda naik motor). Bagi kebanyakan pengendara motor, aktifitas sering dilakukan dengan tangan kanan. Jadi sewaktu mau ngambil HP pakai tangan kiri :).
  4. Jika telepon berdering saat mengemudi usahakan nyalakan mode pengeras speaker (jika bukan telepon dari orang yang dirahasiakan)
  5.  Jika terpaksa harus segera membaca sms yang masuk, maka menepilah pada jalur yang cukup aman (aman dari gangguan jin dan manusia serta pengemudi lain tentunya) kemudian baca perlahan dan pahami. (seperti belajar saat mau ebtanas .. :) ) Fakta dari beberapa penelitian para ahli bahwa kecelakaan terjadi karena adanya gangguan konsentrasi, termasuk mengantuk, berkonsentrasi pada lawan bicara di seberang telpon (makan, denger music dan lain-lain).
Demikian sedikit tips dari saya, tentunya masih banyak tips-tips lain yang sangat berguna jadi mohon tambahkan sendiri dan silakan praktekkan sendiri agar Anda aman. Karena kalo aman toh yang menikmati bukan Anda sendiri, tapi keluarga handai tolan juga seneng Anda masih sehat. Selamat berkendara (sambil telpon)

0 komentar:

Posting Komentar